08117997271

memberauditorindonesia[at]gmail.com

Shape
02 Des 2023 1 likes

Kursus Dasar-Dasar Akuntansi

./assets/media/article/ac_1701535937.jpg
Dalam kursus ini akan di ajarkan materi terkait :
1. Dasar-dasar Akuntansi
Akuntansi adalah proses pencatatan, pengklasifikasian, dan pelaporan transaksi keuangan. Dasar-dasar akuntansi meliputi konsep-konsep seperti:
-Pencatatan Ganda (Double Entry): Setiap transaksi memiliki dua aspek, debit dan kredit, yang harus seimbang.
-Akun: Akun digunakan untuk merekam transaksi keuangan yang berbeda, seperti aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan biaya.
Prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum (GAAP): Ini adalah standar yang membantu dalam menyajikan laporan keuangan secara konsisten dan akurat.

2. Jurnal Transaksi
Jurnal transaksi adalah catatan kronologis semua transaksi keuangan. Setiap entri di jurnal harus mencakup tanggal transaksi, nama akun yang terpengaruh, dan jumlah dalam debit dan kredit. Jurnal transaksi membantu dalam pelacakan semua aktivitas keuangan dan merupakan langkah awal dalam proses akuntansi.

3. Jurnal Penyesuaian
Jurnal penyesuaian digunakan untuk membuat entri akuntansi yang mengoreksi saldo akun di akhir periode akuntansi. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pendapatan dan biaya dicatat dalam periode yang tepat sesuai prinsip pencocokan (matching principle). Beberapa contoh penyesuaian termasuk akumulasi biaya (seperti biaya gaji yang belum dibayar) dan pendapatan yang diterima di muka.

4. Worksheet
Worksheet adalah alat bantu dalam akuntansi yang digunakan untuk mempersiapkan laporan keuangan dan memastikan bahwa semua saldo akun sudah benar. Worksheet biasanya mencakup kolom untuk saldo trial balance, penyesuaian jurnal, saldo disesuaikan, laporan laba/rugi, dan neraca.

5. Laporan Keuangan
Laporan keuangan adalah ringkasan dari aktivitas keuangan sebuah entitas selama periode tertentu. Laporan keuangan utama meliputi:
-Neraca (Balance Sheet): Menunjukkan posisi keuangan entitas pada suatu tanggal, mencakup aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik.
-Laporan Laba Rugi (Income Statement): Menyajikan pendapatan dan biaya untuk menunjukkan keuntungan atau kerugian selama periode tertentu.
-Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement): Menyediakan informasi tentang arus kas masuk dan keluar selama periode tertentu.





Share: