08117997271

memberauditorindonesia[at]gmail.com

Shape
24 Nov 2023 0 likes

Melihat Index sebuah Jurnal dengan menggunakan Rapid Journal Quality Check Google Chrome Extention

./assets/media/article/ac_1700833428.png

Untuk mengecek kualitas sebuah jurnal, kita dapat melihat rating yang diberikan oleh berbagai pihak pengindeks. Beberapa indeks jurnal terkenal di dunia antara lain:

1. ABDC: Australian Business Deans Council (ABDC) list menilai jurnal di bidang bisnis, manajemen, dan disiplin terkait. Terdapat 2682 jurnal yang diberi peringkat dari A* (jurnal terkemuka) hingga C (jurnal yang diakui). Informasi lebih lanjut di abdc.edu.au.

2. AJG (ABS): Academic Journal Guide (AJG) dari Chartered Association of Business Schools (C_ABS) memberikan peringkat untuk jurnal bisnis dan manajemen. Ada 1703 jurnal dengan peringkat dari 4* (jurnal elit dunia) hingga 1 (jurnal yang diakui). Detail lebih lanjut di charteredabs.org.

3. BFI: Bibliometriske Forskningsindikator (BFI) dari Kementerian Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Denmark mengindeks berbagai disiplin ilmu dengan lebih dari 20.000 jurnal, diberi peringkat dari 1 (paling bergengsi) hingga 3 (biasa). Informasi tambahan di ufm.dk.

4. CCF: Peringkat dari Chinese Computer Foundation (CCF) untuk konferensi ilmu komputer. Ada 63 konferensi yang diberi peringkat dari A (sangat direkomendasikan) hingga C (dapat diterima). Kunjungi ccf.org.cn untuk informasi lebih lanjut.

5. CNRS: Peringkat dari Centre National de la Recherche Scientifique (CNRS) untuk jurnal ekonomi dan manajemen. Terdapat 800 jurnal yang diberi peringkat dari 1* (kualitas tertinggi) hingga 4 (kualitas terendah). Detail lebih lanjut di cnrs.fr.

6. CORE: CORE menilai jurnal dan konferensi ilmu komputer. Ada 639 jurnal dan 2212 konferensi dengan peringkat dari A* (standar dunia) hingga C (standar yang dapat diterima). Informasi lebih lanjut di portal.core.edu.au.

7. FNEGE: Foundation National pour l’Enseignement de la Gestion des Enterprises (FNEGE) untuk ilmu manajemen. Ada 720 jurnal yang diberi peringkat dari 1* (jurnal paling terkenal) hingga 4 (jurnal baik). Informasi lebih lanjut di fnege.org.

8. FT50: Financial Times (FT) research rank untuk bisnis dan manajemen. Ada 50 jurnal yang diidentifikasi sebagai jurnal terkemuka di dunia dalam disiplin ini. Kunjungi ft.com untuk detail lebih lanjut.

9. HCERES: High Council for Evaluation of Research & Higher Education (HCERES) untuk bisnis, ekonomi, dan ilmu sosial. Ada 940 jurnal yang diberi peringkat dari A (jurnal terkemuka) hingga C (jurnal yang direview oleh sejawat). Informasi tambahan di hceres.fr.

10. SJR: Scientific Journal Ranking untuk berbagai disiplin ilmu dengan lebih dari 27.000 jurnal. Peringkatnya dari Q1 (top 25%) hingga Q4 (bottom 25%). Informasi lebih lanjut di scimagojr.com.

11. VHB: VHB/JOURQUAL Ranking untuk Administrasi Bisnis. Ada 934 jurnal yang diberi peringkat dari A+ (pemimpin dunia) hingga D (jurnal yang direview oleh sejawat). Kunjungi vhbonline.de untuk detail lebih lanjut.

Untuk mempermudah pengecekan kita dapat menginstall Rapid Journal Quality Check Google Chrome Extention pada browser anda.






Share: